Mind Mapping
Mind MApping salah satu cara untuk dapat membuat anak lebih tertarik dalam belajar..
KUNCI MIND MAP
1. Judul di tengah, beri gambar yang sesuai dengan tema, judul harus yang paling menarik daripada bagian yang lain 2. Mind Map harus berwarna 3. Warna cabang harus warna-warni(antar cabang utama harus berbeda warna) 4. Mengenalkan mind map kepada anak dari dini paling bagus 5. Menulis kata harus pada cabang 6. Di cabang utama huruf ditulis besar semua. Dari cabang utama sampai anak cabang harus dengan warna yang sama, semakin keluar cabang tulisan semakin kecil 7. Tiap cabang sudut 45 derajat boleh ke arah mana saja asalkan saling menyambung
HUKUM MIND MAP: 1. Kertas putih polos 2. Ukuran A4 3. Kertas harus mendatar
HUKUM MIND MAP
1. PUSAT 1. Disebut pusat mind map ( control image) 2. Letak harus ditengah-tengah kertas 3. Berupa gambar 4. di beri judul 5. Warna lebih dari sama dengan 3 6. Proporsional 6. Tidak di bingkai
2. CABANG UTAMA
- DI sebut basic ordering ideas (BOI) - Memancar langsung dari pusat mind mapping - Bentuk cabang organik line - Untuk materi pelajaran biasanya berisi sub bab pelajaran. - Memancar ke segala arah -Boleh diberi penomoran
3. CABANG
- Terhubung dengan yang lain. - Makin keluar makin tipis. - Panjang kata sama panjang dengan kata kunci atau gambar. -Mengikuti warna cabang utama. - Boleh diberi penomoran.
4. KATA
- Terhubung satu dengan yang lain. - Satu kata berupa "KATA KUNCI'. - Kata kunci adalah kata yang paling kuat yang mewakili sebuah kalimat. - Ukuran huruf makin mengecil. - Biasanya berupa kata benda. - Kemiringan kata maksimal 45 derajat
5. WARNA
- Untuk mengaktifkan otak kanan. - Menarik perhatian mata dan otak kita. - untuk membantu mengelompokkan informasi. - Semakin banyak warna.
6.GAMBAR
- Mengaktifkan otak kanan. - Menarik perhatian mata dan otak kita. - Untuk menggantikan suatu kata. - Untuk memperkuat dan memperjelas kata.
TIPS :
1. Belajarlah dari pelajaran yang paling sulit dahulu baru pelajaran yang paling mudah. 2. Belajar tidak harus dimulai dari awal, tapi mulailah dari rangkuman dan akhiri dengan menjawab soal-soal evaluasi. 3. Belajarlah dengan jeda. ( karena pada awal itu kemampuan otak merekam maksimal, jadi dengan semakin banyak jeda makin banyak yang terekam. 4. Belajarlah dengan membatasi waktunya, karena kemampuan otak merekam data juga terbatas waktunya. Semoga bermanfaat...
Label: Pendidikan